PROPOSAL BISNIS PAKAIAN ABAGAS CLOTHING

MAKALAH
KOMUNIKASI BISNIS
Usaha Abagas Clothing Collection
 
Dosen : Vely Randyantini
Disusun oleh : Kelompok
1. Ananda Syafira. N  (10214993)
2. Eriana Fajar. A  (13214595)
3. Intan Fajarwati  (15214366)
4. Risa Anindita   (19214479)
5. Suci Ariyanti  (1A214469)
6. Vivi Anika  (1C214096)
4EA36
FAKULTAS EKONOMI JURUSAN MANAJEMEN
UNIVERSITAS GUNADARMA
2017
KATA PENGANTAR
          Dengan memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan penyertaan-Nya jugalah penulisan proposal ini dapat diselesaikan. Penulis menyadari bahwa proposal ini sangat sederhana dan sungguh karena berkat limpahan rahmat -Nya tim penulis dapat menyelesaikan penyusunan proposal ini demi memenuhi tugas mata kuliah Komunikasi Bisnis.
          Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada Dosen Pengampu Mata Kuliah Komunikasi Bisnis, Ibu Velly Randyantini  yang turut membantu pembuatan proposal ini. Penyusunan proposal ini juga dapat terselesaikan berkat bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu tim penulis mengucapkan banyak terimakasih.
          Kami menyadari bahwa dalam proposal ini masih banyak terdapat kekurangan, sehingga dengan segala kerendahan hati kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi lebih baiknya kinerja kami yang akan datang. Semoga proposal ini dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan dan informasi yang bermanfaat bagi semua pihak.
Penulis,
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Usaha
Kebutuhan akan sandang merupakan kebutuhan primer setiap orang. Dari tahun ke tahun peningkatan dari produk ini sangatlah pesat. Untuk memenuhi tren saat ini diperlukannya unit usaha yang dapat menyediakan produk tersebut. Tetapi penyediaan produk yang berkualitas hanya sedikit yang kita jumpai di Pasaran karena kualitas dari pakaian yang dijual di Pasaran rata-rata adalah kualitas biasa.
Melihat peluang usaha yang tinggi di Kota Bekasi dan semakin berkembangnya serta  semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha Clothingan yang dimana produknya berdasarkan update-update fashion masa kini dan kami juga akan menyediakan layanan pemesanan untuk para konsumen ( order ) sehingga konsumen bisa menikmati hasil pesanannya sesuai keinginan.
Hingga saat ini sedikit demi sedikit Clothingan di Bekasi mulai bertambah, namun itu tidak menyurutkan keinginan kami untuk membuka usaha clothing store dan membuat kota Bekasi bukan hanya menjadi Kota Pelajar, namun juga ingin menjadikan Bekasi sebagai Kota Fashion sehingga mampu menarik para turis domestik maupun mancanegara .
Kota Bekasi merupakan tempat yang sangat bagus untuk pemasaran dan pengembangan bisnis clothingan. Hal itu dikarenakan masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern dalam dunia fashion. Dengan bertambahnya kebutuhan masyarakat kami mencari terobosan agar masyarakat dapat tertarik dengan produk buatan kami dan mencari tahu apa yang diinginkan masyarakat di zaman modern ini dan melalui kreasi dan keuletan kami dalam berkarya di luar bidang akademik yaitu Desain, maka fashion pada masa kini bisa semakin berkembang dengan sangat cepat.
BAB II
BUSINESS PLAN
A. Visi dan Misi
a. Visi
Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
b. Misi
Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
B. Identifikasi Usaha
v Nama Usaha Abagas Clothing Collection
v Pemilik Usaha Mulyadi
v Alamat Usaha : Bekasi
v Contact Person : 0856xxxxxxxx
C. Ruang Lingkup Usaha
Ruang Lingkup usaha yang saya jalankan yaitu berada di Mega Bekasi Hypermall (Giant Bekasi) dan Sentra Grosir Cikarang (SGC).
D.  Bentuk Usaha
Usaha Cloting Store  ini berbentuk Usaha milik Sendiri / Perorangan, dan tidak memiliki kaitan dengan orang lain.
BAB III
ANALISIS USAHA
A. Rencana Produk
Usaha saya bergerak di bidang perdagangan yang menjual berbagai aneka pakaian  serta fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera masyarakat, khususnya untuk kaum remaja. Sebelum saya menjalankan perusahaan yang saya rencanakan ini, maka saya harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan saya akan mempromosikan dan mendistribusikan produk saya melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen. Adapun maksud dan tujuan saya mendirikan perusahaan ini yaitu: 
a. Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan.
b. Menyediakan kebutuhan fahion bagi masyarakat, supaya lebih mudah.
c. Mengurangi tingkat pengangguran.
d. Menjalin persahabatan antara pelanggan.
e. Mendapatkan keuntungan atau laba.
B. Rencana Produk Yang Dihasilkan
Keistimewaan Abagas Clothing adalah :
Ø Menjual berbagai pakaian yang sangat up to date.
Ø Bahan pakaian yang dipakai yaitu terbuat dari bahan cotton, sehingga sangat nyaman untuk digunakan dalam segala cuaca.
Ø Bukan hanya menjual pakaian, tetapi Abagas Clothing juga menjual berbagai aksesoris pria lainnya, yaitu : topi, singlet, dan tas.
Ø Harga yang sangat terjangkau untuk masyarakat.
Ø Tempat yang nyaman dan sejuk.
BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA
A. Jenis Produk
Menjual berbagai macam pakaian dari kaos, kemeja, celana, topi, tas, dan singlet.
B. Prospek Usaha
Bisnis yang saya jalani ini sangat cocok dalam kehidupan sekarang, karena saat ini, semakin banyak orang yang memperhatikan penampilannya, salah satunya adalah pakaian. Makin meningkatnya kebutuhan permintaan berbagai macam pakaian yang uptodate, mendorong saya untuk mendirikan bisnis yang bergerak di bidang clothing ini.
C. Rencana Produksi
Saya memilih untuk menjualnya di dalam mall pusat grosir, agar memberikan kenyaman bagi para konsumen. Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha Abagas Clothing ini pada masa yang akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi para konsumen dalam hal fashion. Kebutuhan fashion pria dan wanita ini sangat banyak peminatnya di Pasaran, apa lagi di kalangan anak muda, hal ini juga telah dibuktikan berdasarkan hasil survey pasaran yang telah saya lakukan. Dan rencananya akan saya lakukan pengembangan usaha yaitu menyewa rumah/ Ruko/ Ruang Usaha yang berbentuk Toko. Dan setiap tahunnya akan membuka cabang baru sebagai perluasan wilayah pemasaran saya.
BAB V
PENILAIAN TERHADAP PASAR
A. Konsumen yang dituju/pangsa pasar yang dituju
1. Turis Domestik non Dosmetik
2. Pelajar / Mahasiswa
3. Masyarakat sekitar 
B. Jenis Usaha yang di jual
Usaha Cloting Store ini menjual jenis produk:
1. Kaos
2. Kemeja
3. Celana
4. Jaket
5. Topi
6. Tas
7. Singlet
C. Pesaing dari Abagas Collection ini sangatlah banyak, akan tetapi Abagas Collection mempunyai strategi pemasaran tersendiri untuk menarik para pelanggan dan mempertahankan para pelanggannya.
D. Analisis Situasi
Kegiatan usaha ini dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT:
Faktor Internal
Faktor Eksternal
Kekuatan (Strength):
-          kerjasama
-          kualitas sumber daya manusia
(Bertanggung jawab , disiplin kerja , kreatif dan inovatif).
-          Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
-          Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
-          Menjual produk yang berkualitas
Peluang (Oportunity):
-          tingginya permintaan
-          Dengan tetap menjaga  mutu dan kualitas produk , kami yakin dapat bersaing walaupun harus dengan para usahawan Clothingan yang lain di kemudian hari .
Kelemahan (Weaknes):
-          rendahnya modal kerja
-          Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional.
Hambatan (threaty):
-          Perekonomian labil
-          Perubahan harga pasar yang kurang dapat diprekdisi
-          Munculnya para usahawan usahawan baru yang sejenis
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
A. Analisis 4P (Product, Price, Promotion, Place)
a. Product
 Type
o Berbagai macam pakaian. Mulai dari kaos, kemeja, jaket, celana, topi, tas, dan singlet.
 Brand
o Abagas Collection
b. Price
Estimasi Penjualan Pakaian :
No
Macam pakaian
Harga
1
Kaos 
Rp. 50.000
2
Kemeja lengan pendek 
Rp. 100.000
3
Kemeja lengan panjang
Rp. 150.000
4
Jaket biasa 
Rp. 175.000
5
Jaket impor
Rp. 300.000
6
Celana pendek bahan/chino
Rp. 90.000
7
Celana panjang bahan/chino
Rp. 140.000
8
Topi
Rp. 60.000
9
Tas
Rp.150.000
10
Singlet
Rp. 45.000
11
Celana jeans pendek 
Rp. 95.000
12
Celana jeans panjang
Rp. 180.000
c. Promotion
Membuat Iklan melalui jejaring social
· Membuat display di berbagai tempat
· Melalui mulut ke mulut
· Mengandalkan informasi dari pelanggan ke orang lain
· Melalui brosur
· Serta membuat advertisement secara online di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas.
d. Place
Berlokasi di Mega Bekasi Hypermall (Giant Bekasi) dan Sentra Grosir Cikarang (SGC).
B. Target dan Segmentasi Pasar
a. Geografi
Wilayah yang saya jadikan target usaha yaitu di pusat grosir Bekasi.
b. Demografi
Berdasarkan demografi, saya menjual di pusat Grosir Bekasi untuk mempermudah orang-orang untuk membeli pakaian dengan tempat yang nyaman serta dengan harga yang terjangkau, dan dengan model pakaian yang uptodate.
BAB VI
RENCANA PERMODALAN
A. Hasil penjualan perhari 
No.
Jenis Produk
Harga
Jumlah
1.
Kaos
Rp. 50.000x10
Rp. 300.000
2.
Kemeja pendek
Rp. 100.000x6
Rp. 600.000
3.
Kemeja Panjang
Rp. 150.000x7
Rp. 1.050.000
4.
Jaket biasa
Rp. 175.000x7
Rp. 1.225.000
5.
Jaket impor
Rp. 300.000x4
Rp. 1.200.000
6.
Topi
Rp. 60.000x7
Rp. 420.000
7.
Tas
Rp. 150.000x8
Rp. 1.200.000
8.
Singlet
Rp. 45.000x7
Rp. 315.000
9.
Celana pendek bahan/chino
Rp.90.000x6
Rp. 540.000
10.
Celana panjang bahan/chino
Rp. 140.000x6
Rp.840.000
11.
Celana pendek jeans
Rp. 95.000x8
Rp. 760.000
12.
Celana panjang jeans
Rp. 180.000x
Rp. 1.080.000
Total
Rp. 9.530.000
B. Rencana Upah Tenaga Kerja
Adapun rencana upah tenaga kerja dalam satu (1) bulan.
4 orang karyawan di Giant Bekasi @Rp.1.000.000
Rp. 4.000.000
3 orang karyawan di SGC @Rp.1.000.000
Rp. 3.000.000
1 kepala toko di Giant Bekasi @Rp.1.600.000
Rp. 1.600.000
1 kepala took di SGC @Rp.1.600.000
Rp. 1.600.000
1 stok barang di Giant Bekasi @Rp.1.300.000
Rp. 1.300.000
1 stok barang di SGC @Rp.1.300.000
Rp. 1.300.000
TOTAL
Rp. 12.800.000
C. Perkiraan Pendapatan dan Pengeluaran Per bulan
I.        Pendapatan penjualan perbulan
30 X Rp. 9.530.000                                        Rp. 285.900.000
II.     Pengeluaran per bulan
2.      Upah tenaga kerja                                   Rp. 12.800.000
3.      Biaya lain lain
· Sewa tempat usaha perbulan                Rp. 1.800.000
· Uang makan  Rp 25.000 x 26 hari              Rp. 650.000
· Lain-lain 20% X Rp 285.900.000       Rp. 57.180.000 ( +)
Jumlah pengeluaran perbulan                                    Rp. 72.430.000( -)
 Pendapatan per bulan                                                      Rp. 213.470.000
BAB VII
PERKIRAAN ARUS UANG
A.    Sumber  Modal
No
Sumber  Modal
Jumlah
1.
Modal Sendiri
Rp. 12.5000.000
2.
Modal Pinjaman Orang Tua
Rp. 10.500.000
Total
Rp. 23.000.000
                             
BAB VIII
DOKUMENTASI
          
  
BAB IXPENUTUP
Demikian Proposal Usaha Clothing Store “ABAGAS Clothing” ini kami susun, kami menyimpulkan bahwa berdirinya lapangan usaha ini karena kebutuhan masyarakat dan permintaan pasar yang sangat mendukung perkembangan usaha ini. Semoga dengan adanya proposal ini akan menambah gagasan ide  pokok yang luas dalam mengenal dunia usaha dan dapat di pergunakan dengan sebaik-baiknya. Dalam pembuatan proposal ini tentunya masih banyak kekurangan, untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna lebih baiknya penyusunan proposal yang selanjutnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

15 SOAL PG

Cerpen