TUGAS SOFTSKILL 2 Usaha Darwis Kopi & Ropang yang berkaitan dengan jenis pasar, etika dalam pasar kompetitif atau etika dalam pasar global



ETIKA BISNIS

Usaha Darwis Kopi & Ropang yang berkaitan dengan jenis pasar, etika dalam pasar kompetitif atau etika dalam pasar global











Dosen : Widyatmini
Disusun oleh : Kelompok 6

1.      Andita Chindy Meylinda                                (11214097)
2.      Eriana Fajar Ayuningtyas                               (13214595)
3.      Risa Anindita                                                  (19214479)
4.      Sekar Ayu Chairunisa                                     (1A214105)
5.      Vivi Anika                                                      (1C214096)




3EA36

FAKULTAS EKONOMI JURUSAN MANAJEMEN
UNIVERSITAS GUNADARMA
2017


BAB I
LATAR BELAKANG


NAMA           : RISA ANINDITA
KELAS          : 3EA36
NPM               : 19214479

Di beberapa kedai kopi menyediakan khusus untuk tempat rapat yang sedang mempunyai agenda tertentu.  Disini pula, akhirnya perkembangan kedai kopi semakin pesat karena masyarakat bisnis sering bosan jika rapat di adakan di kantor saja tanpa ada sentuhan yang lain dari pada yang lain.

Konsumen tidak hanya menilai sebuah produk atau jasa berdasarkan kualitas, manfaat promosi yang diberikan, tetapi lebih dari itu, mereka menginginkan suatu komunikasi dan kegiatan pemasaran yang memberikan sensasi, menyentuh hati mereka, serta sesuai dengan gaya hidup mereka. Dengan kata lain, konsumen menginginkan produk yang kehadirannya dapat memberikan suatu pengalaman. Sebagai salah satu usaha jenis coffee shop adalah Darwis Kopi & Ropang tempat dimana orang-orang minum kopi atau minuman lainnya yang dapat diselingi dengan makanan atau snack ringan. Darwis Kopi & Ropang memiliki persaingan bisnis yang semakin ketat.

Dengan adanya persaingan dalam jenis usaha coffee shop, berbagai upaya dilakukan untuk memanjakan konsumen, memberikan konsumen pelayanan yang baik sesuai dengan ekspetasi mereka, dan memberikan konsumen pengalaman yang tak biasa ketika mereka menikmati makanan dan minuman di Darwis Kopi & Ropang Kota Bekasi.


BAB II
PEMBAHASAN

Darwis Kopi & Ropang adalah warung kopi yang identik minumannya untuk para lelaki tapi pada observasi pengamatan ternyata banyak wanita yang lebih cenderung menghabiskan waktu mereka di Darwis Kopi & Ropang Kota Bekasi, mulai dari pelajar, mahasiswa, pedagang/pembisnis bahkan ibu rumah tangga pun mendatangi Darwis Kopi & Ropang, tidak hanya untuk bersantai sambil menikmati makanan dan minuman yang ada di Darwis Kopi & Ropang, tetapi telah menjadi tempat bagi mereka untuk membuat acara khusus seperti arisan, reunian, rapat, ulang tahun, serta menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga.

Perkembangan ekonomi di Indonesia lebih tepatnya di dalam pasar kompetitif telah berkembang ke arah yang lebih baik. Hal ini terlihat sejalan dengan pesatnya perkembangan dunia bisnis mereka. Salah satu bisnis yang sedang berkembang di Indonesia saat ini adalah coffee shop. Banyaknya bisnis coffee shop pada tahun 2016 ini membuat persaingan menjadi kuat dan saling berkompetisi dalam merebut pasar konsumen serta menarik konsumen tersebut agar melakukan pembelian. Keputusan pembelian seseorang dipengaruhi oleh faktor psikologi utama, antara lain keyakinan dan pendirian. Selanjutnya coffee shop kini telah menjadi gaya hidup bagi masyarakat.

Gaya hidup merupakan pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat, dan opininya. Gaya hidup inilah yang nantinya akan menjadi identitas dari kepribadian seorang konsumen. Budaya mium kopi di Indonesia sudah berkembang sejak lama, yaitu sejak pertama kali diberlakukannya tanam paksa oleh pemerintah belanda. Mulanya minum kopi merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh pemerintah Belanda.

COMPANY PROFIL

Nama                           : Darwis Kopi & Ropang
Kegiatan                      : Darwis Kopi & Ropang menyajikan berbagai macam jenis
  kopi yang berasal dari Indonesia untuk di hidangkan
  kepada calon konsumen.
Tahun Berdiri              : 25 Januari 2016
Pesaing                        : Untuk di Area Grand Galaxy City Bekasi, pesaingnya
  adalah Carington Coffee, Head & Brew Coffee, San9a
  Coffee, Coffee Paste, Eight Coffee, Sringopi, Typical
  Coffee, Mutual Coffee.
Lingkup                       : Grand Galaxy City dan sekitar Bekasi.
Pasar  Yang Dituju      : A – B – C (Dari kelas bawah sampai atas target Darwis)
                                      A kelas atas, B kelas menengah, C kelas bawah
Keuangan                    : Omset Gross Darwis Kopi & Ropang selama 1 bulan
  = -/+ Rp 10.000.000,-
  Pengeluaran Operational (Bahan Baku, Listrik,
  Kebersihan, dan Gaji) = -/+ Rp 13.000.000
  Darwis Kopi & Ropang masih nombok untuk gaji
  karyawan dan belum ada provit.
Alamat                                    : Grand Galaxy City. Jl Pulo Ribung Raya Blok RGL. No.
  20. Bekasi
Struktur Organisasi     : Owner, Manager Oprational, Manager Keuangan,
  Karyawan ( 2 Barista, 1 Waiters, dan 1 Juru Masak )
Lingkungan Industri   : Cukup banyaknya pesaing yang menyajikan menu yang
  sama di sekitar Darwis Kopi & Ropang.
Cabang                        : 1 ( Satu )



DOKUMENTASI FOTO

Description: IMG-20170421-WA0005.jpg

Description: Screenshot_2017-04-23-18-00-23_com.instagram.android.png

Description: Screenshot_2017-04-23-18-00-35_com.instagram.android.png


FOOD


Description: Screenshot_2017-04-23-18-03-10_com.instagram.android.png Description: Screenshot_2017-04-23-18-03-23_com.instagram.android.png


Description: Screenshot_2017-04-23-18-03-18_com.instagram.android.png Description: Screenshot_2017-04-23-18-03-02_com.instagram.android.png


DRINK


Description: Screenshot_2017-04-23-18-16-18_com.instagram.android.png Description: Screenshot_2017-04-23-18-16-26_com.instagram.android.png


Description: Screenshot_2017-04-23-18-17-18_com.instagram.android.png Description: Screenshot_2017-04-23-18-18-26_com.instagram.android.png


MENU :
DRINK
No
Coffee
Rp.
1
Hot Single Origin Coffee
Beans :
20000
2
Hot Espresso
13000
3
Hot Americano
13000
4
Hot Picolo Latte (90ml)
18000
5
Hot Cappucino (150ml)
23000
6
Hot Caffe Latte (210ml)
23000
7
Hot Caramel Latte
27000
8
Hot Vanilla Latte
27000
9
Hot Caffe Mocha
27000
10
Ice Black Coffee
18000
11
Ice White Coffee
25000
12
Ice Coffee Float
20000
13
Afogatto (vanilla ice cream with espresso)
20000

No
Flavour Milk
Rp
1
Hot Choco Latte
15000
2
Ice Choco Latte
18000
3
Hot Green Tea Latte
20000
4
Ice Green Tea Latte
23000
5
Hot Taro Latte
20000
6
Ice Taro Latte
23000
7
Hot Red Velvet Latte
20000
8
Ice Red Velvet Latte
23000




No
Creamy Blend
Rp
1
CB Coffee Caramel
28000
2
CB Mocha
28000
3
CB Choco Orange
28000
4
CB Choco Strawberry
28000
5
CB Choco Nut
28000
6
CB Green Tea
28000
7
CB Red Velvet
28000
8
CB Banoffee Pie
28000

No
Yakult
Rp
1
Orange Yakult
15000
2
Mango Yakult
15000
3
Bluberry Yakult
15000
4
Cranberry Yakult
15000

No
Tea
Rp
1
Hot Tea
5000
2
Ice Tea
6000
3
Hot Tea Tarik
8000
4
Ice Tea Tarik
10000
5
Ice Lychee Tea
18000
6
Hot Manggo Green
20000
7
Hot Wild Berries
20000
8
Hot Moroccan Mint
20000

No
Soft Drink
Rp
1
Aqua
5000
2
Coca Cola
8000
3
Cola Float
12000
4
Sprite
8000
5
Sprite Float
12000
6
Fanta
8000
7
Fanta Float
12000
8
Hot / Ice Fresh Milk
10000

FOOD
No
Ropang ( Roti Panggang )
Rp
1
Mentega Gula
9000
2
Keju Susu
10000
3
Cokelat
10000
4
Cokelat Keju
14000
5
Cokelat Kacang
14000
6
Cokelat Kacang Keju
16000
7
Milo
15000
8
Milo Keju
18000
9
Silver Queen
15000
10
Silver Queen Keju
18000
11
Toblerone
18000
12
Toblerone Keju
20000
13
Nuttela
18000
14
Nuttela Keju
20000
15
Ovomaltine
18000
16
Ovomaltine Keju
20000
17
Skippy
18000
18
Skippy Keju
20000


No
Ciabatta Sandwich
Rp
1
Cheese Egg
15000
2
Smoke Beef Cheese
20000
3
Smoke Beef Cheese Egg
23000

No
Pispang (Pisang Panggang)
Rp
1
Keju Susu
12000
2
Cokelat Susu
12000
3
Cokelat Keju Susu
15000
4
Milo
15000
5
Milo Keju
18000

Indomie
No
Goreng
Rp
1
Indo G Gilooooo (telur & kornet)
Lvl. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
20000
2
Indo G Polos
8000
3
Indo G Polos Duo
10000
4
Indo G Telur
11000
5
Indo G Telur Duo
13000
6
Indo G Kornet
13000
7
Indo G Kornet Duo
15000
8
Indo G Kornet Telur
16000
9
Indo G Kornet Telur Duo
18000
10
Indo G Bakso
13000
11
Indo G Bakso Duo
15000
12
Indo G Bakso Telur
16000
13
Indo G Bakso Telur Duo
18000
14
Indo G Sosis
13000
15
Indo G Sosis Duo
15000
16
Indo G Sosis Telur
16000
17
Indo G Sosis Telur Duo
18000
18
Ext Sambal Gilooooo 1-2-3-4-5
4000
19
Ext Keju
4000
20
Ext Telur Goreng
4000
No
Rebus
Rp
1
Indo R Gilooooo (telur & kornet)
Lvl. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
20000
2
Indo R Polos
8000
3
Indo R Polos Duo
10000
4
Indo R Telur
11000
5
Indo R Telur Duo
13000
6
Indo R Kornet
13000
7
Indo R Kornet Duo
15000
8
Indo R Kornet Telur
16000
9
Indo R Kornet Telur Duo
18000
10
Indo R Bakso
13000
11
Indo R Bakso Duo
15000
12
Indo R Bakso Telur
16000
13
Indo R Bakso Telur Duo
18000
14
Indo R Sosis
13000
15
Indo R Sosis Duo
15000
16
Indo R Sosis Telur
16000
17
Indo R Sosis Telur Duo
18000
18
Ext Sambal Gilooooo 1-2-3-4-5
4000
19
Ext Keju
4000
20
Ext Milk Butter Soup(kuah susu)
6000
21
Ext Telur Rebus
4000

No
Salty Snack
Rp
1
French Fries
15000
2
Sistagor(sosis & kentang goreng)
25000
3
Fried Cassava(singkong goreng)
15000
4
Sosis Solo (4pcs)
12000

Kaitannya dengan Jenis Pasar, Etika dalam Pasar Kompetitif atau Etika Dalam Pasar Global

1.      Etika Di Dalam Pasar Kompetitif
Pasar bebas kompetitif sempurna mencakup kekuatan-kekuatan yang mendorong pembeli dan penjual menuju apa yang disebut titik keseimbangan. Dalam hal ini Darwis Kopi & Ropang berkaitan dengan etika dalam pasar kompetitif :
*      Mendorong pembeli dan penjual untuk membeli coffee dalam cara yang adil.
*      Memaksimalkan utilitas pembeli dan penjual dengan mendorong mereka mengalokasikan, menggunakan, dan mendistribusikan barang-barang dengan efisiensi sempurna.
*      Mencapai tujuan-tujuan tersebut dengan suatu cara yang menghargai hak pembeli dan penjual untuk melakukan pertukaran secara bebas.
2.      Etika Di Dalam Pasar Global
Kompetisi Pada Pasar Ekonomi Global
Indonesia memiliki daya atau kemampuan saing untuk berkompetisi dalam pasar global. Jika ingin mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk mengekspansi sayap-sayapnya pada skala ASEAN pada MEA dan AFTA (untuk jangka pendek), maupun pada skala global (untuk jangka panjang). Dalam hal ini Darwis Kopi & Ropang berkaitan dengan etika dalam pasar global :
*      Membentuk SDM yang kuat dan profesional.
*      Dalam rangka peningkatan produktivitas dan efisiensi, teknologi-teknologi sebagai alat produksi perlu ditingkatkan, dengan harapan bisa menurunkan biaya produksi.
*      Membuat media komunikasi pemasaran global yang inovatif sesuai dengan peraturan masing-masing negara.
BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Darwis Kopi & Ropang dalam pasar kompetitif berkaitan untuk  mendorong pembeli dan penjual membeli coffee dalam cara yang adil, memaksimalkan utilitas pembeli dan penjual dan menghargai hak pembeli dan penjual untuk melakukan pertukaran secara bebas. Darwis Kopi & Ropang dalam pasar global sudah membentuk SDM yang kuat dan profesional serta telah meningkatkan teknologi-teknologi yang lebih modern, dengan harapan bisa meningkatkan kualitas penjualan.

Saran

Darwis Kopi & Ropang diharapkan untuk meningkatkan promosi agar lebih bisa dikenal dan bisa bersaing dengan coffee shop yang ada di Indonesia dan di luar negri. Darwis Kopi & Ropang diharapkan untuk bisa memperluas cabang hingga mampu dikenal di pasar global.









BAB IV
DAFTAR PUSTAKA

Ø  Arijanto, Agus., Etika Bisnis bagi Pelaku Bisnis, Edisi ketiga, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta, 2011.

Ø  Kotler, Philip. 2002. Manajemn Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. SALEMBA Empat. Jakarta

Ø  Kotler Philip. 2004. Manajemen pemasaran, edisi milinium, Penerbit PT. Prenhalindo, Jakarta

Ø  S.E.M.M, Hasan, Ali. (2008). Marketing. Yogyakarta. Media Pressindo























Komentar

Postingan populer dari blog ini

15 SOAL PG

Cerpen